5 Tips Mendapatkan Pekerjaan Untuk Fresh Graduate yang Ampuh

Mencari pekerjaan memang gampang-gampang susah. Banyak pekerjaan mengharuskan pelamar mempunyai pengalaman kerja sebelumnya. Ini tidak jadi halangan untuk yang sudah bekerja, tapi bagaimana dengan para fresh graduate? Berikut tips mendapatkan pekerjaan untuk fresh graduate yang harus dicoba agar lolos seleksi kerja.

Secara umum, fresh graduate masih sulit untuk bersaing ke posisi atas. Hal ini dikarenakan fresh graduate adalah para pencari kerja yang baru lulus dari sekolah. Tentunya mereka belum mempunyai pengalaman kerja dan belum terbiasa dengan lingkungannya. Paling jauh pun hanya keterampilan dasar. Beberapa tips ini akan membantu fresh graduate menentukan arah.

1. Asah Kemampuan

Ya, jika sekiranya sudah lulus dan sudah saatnya mencari kerja, tips ini tetap relevan. Kenapa? Karena mengasah kemampuan tidak mengenal kata terlambat. Jika belum atau pun sudah mempunyai keahlian, asah terus hal itu. Tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja juga.

Salah satu kemampuan yang diterapkan di banyak tempat kerja adalah kemampuan berbahasa, utamanya Inggris. Ini dikarenakan kemajuan zaman dan globalisasi menyebabkan perusahaan harus bisa berkomunikasi dengan pihak lain dalam bahasa yang satu sama lain mengerti. Jadi, asah lah kemampuan berbahasa agar dapat mendukung lamaranmu.

2. Berorganisasi

Di sekolah menengah maupun tinggi, organisasi adalah hal yang tidak akan terlewat untuk diikuti. Ada banyak manfaat yang bisa didapat ketika terjun ke sebuah organisasi atau pun hanya paguyuban sederhana. Karena sekecil apa pun lingkaran, tetap saja akan didapatkan koneksi orang-orang yang mungkin berguna nanti.

Jika aktif dan sering berkontribusi, tentu akan mendapatkan pengalaman berbeda. Contohnya saja menguasai keahlian yang dibutuhkan organisasi dan kepemimpinan. Kemampuan mengatur banyak orang dan acara pun dapat diasah di sini. Perkumpulan spesialis semacam organisasi akuntan tentu akan membantu untuk mendapatkan keahlian yang diperlukan.

3. Susun Koneksi

Setelah berkenalan dan dekat banyak orang di organisasi, waktunya memanfaatkan apa yang sudah kamu capai. Orang-orang yang kamu temui akan berguna suatu hari nanti dalam memberi informasi maupun pekerjaan itu sendiri.

Lowongan kerja fresh graduate yang biasanya didapat dari koneksi adalah staf umum dan administrasi. Sedangkan untuk jajaran atas, tentu harus bisa membuktikan bahwa diri sanggup terlebih dahulu.

4. Buat CV yang Baik

Tak bisa dipungkiri dan diprotes, CV adalah kesan pertama saat melamar pekerjaan. Jika CV yang diberikan jelek, pihak penerima lamaran pun ragu memperkerjakan orang yang membuat CV demikian. Bahkan mungkin sekali untuk menolak. Kan tidak lucu jika sudah ditolak bahkan sebelum penerima lamaran melihat pencari kerja.

Untuk itu, susun lah CV dengan rapi. Isikan hanya dengan hal-hal yang penting saja. Urusan hobi dan tanggal lahir tak perlu dicantumkan jika tidak relevan dengan permintaan perusahaan. Sebagai contoh tentunya perusahaan yang bergerak di bidang baca tentu menyukai pelamar yang hobinya berkutat dengan bidang bersangkutan.

5. Memilih, tapi Jangan Pilih-Pilih

Penyakit fresh graduate adalah terlalu selektif memilih pekerjaan. Sebenarnya fresh graduate susah cari kerja itu tidak sepenuhnya benar. Hanya saja kesulitan mencari pekerjaan yang tidak sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki.

Baca : Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Fresh Graduate

Di zaman sekarang ini selain melihat kemampuan, para penerima lamaran pun melihat dulu pendidikan dan pekerjaan terakhir yang dimiliki. Jika sekiranya tidak mencukupi, mundur dulu. Carilah pekerjaan yang sesuai, lalu bidik lebih tinggi ketika sudah ahli.

Nah, itu lah 5 tips mendapatkan pekerjaan untuk fresh graduate yang bukan hanya bisa dicoba, tapi harus dicoba. Tak ada kesulitan yang tak bisa diselesaikan. Tetap tenang, rencanakan, dan tetap semangat untuk Rekan Pencaker!