- 22 November 2019

6 Tips Masuk Kerja Hari Pertama Agar Disukai di Tempat Baru

1 Like comments off
tips masuk kerja hari pertama

Sudah mendapat pekerjaan? Besok adalah hari pertama bekerja? Wah, tentu bingung apa saja yang harus dilakukan di hari penting tersebut. Simak beberapa tips masuk kerja hari pertama berikut agar tidak salah impresi di awal masuk perusahaan.

Hari pertama sangat lah penting. Selain karena belum mengenal banyak orang-orang yang sudah lebih dulu ada di sana, kita juga masih bingung dengan operasional tempat kerja. Untuk itu, dua hal penting yang harus dilakukan adalah tetap lah sopan dan bertanya jika diperlukan. Dua hal itu dan lainnya mari jabarkan di bawah.

1. Tampil Rapi

Siapa orang yang tidak suka kerapian? Dengan mengenakan pakaian yang pas dengan dress code tempat kerja, menjaga tampilan tubuh, dan mengenakan parfum tentu bagus untuk impresi pertamamu. Dengan tampil rapi, kepercayaan diri saat menghadapi hari pun meningkat.

Jika bingung apa saja yang harus dibawa saat hari pertama kerja, santai saja. Sekiranya tempat kerja yang dimasuki bukan lah perusahaan formal yang mengharuskan kemeja putih dan bawahan hitam setiap hari, bawa kasual. Cukup dengan kemeja polos berwarna dan bawahan khaki atau chino. Yang penting tetap sesuai kebijakan tempat kerja.

2. Rajin dan Sopan

Selain tampilan, sikapmu pun akan dinilai. Datang lah lebih pagi dari jam masuk kerja sehingga tidak telat. Ini pun menghindari alasan tersesat yang biasa dialami saat pertama kali berangkat ke tempat kerja. Setelah tiba, rapikan meja kerjamu jika sudah ditunjuk tempatnya.

Karena lingkungan baru, maka bersikaplah dengan wajar. Jangan merasa kamu paling bisa hanya karena andal di sekolah atau pekerjaan sebelumnya. Tetap rendah hati dan untuk sehari, dengarkan apa yang orang lain katakan.

3. Ingat Nama Rekan dan Atasan

Orang baru memang harus ekstra di hari pertama. Ketika belum kenal satu sama lain, usahakan hapal nama orang-orang yang bekerja dengan dan di atas. Semua orang pun akan senang jika nama mereka teringat. Hindari salah menyebut nama karena ini akan berdampak rasa tidak nyaman dan ketidaksukaan orang yang diajak bicara.

Untuk mengakali lupa nama, selain menanyakan ke orang lain, gunakan saja metode simpel ini. Ketika terlupa, tanya saja nama belakang orang yang bersangkutan dengan alasan mengisi catatan. Kebanyakan orang tidak tersinggung karena nama belakang tidak terlalu intim. Seiring berjalan waktu, nama depan pun akan terungkap.

4. Bergaul dengan Baik

Manusia adalah makhluk sosial. Untuk mengukuhkan eksistensi dan agar dianggap kehadiran di tempat kerja, bergaul lah dengan orang-orang di sekitar. Siapkan saja kata perkenalan hari pertama yang cocok dengan pribadi. Lalu biarkan semuanya mengalir.

5. Tanya, Tanya, dan Tanya

Segalanya tampak asing. Pengoperasian mesin itu, kerja ini, atasan sana, rekan sini. Meski pun sudah cakap di pekerjaan sebelumnya, tak ada salahnya tanyakan beberapa hal yang sekiranya kurang dimengerti. Jika benar-benar pemain baru, siapkan daftar pertanyaan umum yang ingin diajukan.

6. Dengarkan, Simpulkan, dan Catat

Setelah penjelasan, simpulkan apa yang dibicarakan, lalu catat lah yang sekiranya penting. Orang baru pasti memerlukan hal ini untuk mencatat hal-hal penting seperti SOP, aturan, dan mungkin saran etos kerja yang baik.

Baca juga : 8 Pekerjaan Paling Menjanjikan Untuk Masa Depan ?

Begitulah beberapa tips kantor dan tips masuk kerja hari pertama yang pasti bisa dilakukan oleh siapa pun. Meski memang masih canggung dan terasa tidak nyaman, hari pertama merupakan awalan untuk hari-harimu selanjutnya. Bisa puluhan, ratusan, bahkan ribuan hari nanti. Oh iya, jangan sampai terlambat di hari pertama ya Rekan Pencaker? Tetap semangat!