- 31 Desember 2019

6 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Dengan Gaji Menjanjikan

2 Likes comments off
prospek kerja administrasi bisnis

Prospek kerja dari jurusan administrasi bisnis banyak macamnya. Tidak sebatas administrasi, lulusannya pun dapat menggeluti bidang lain. Apa saja? Cek di sini. Tidak seperti akuntansi atau manajemen yang hanya menitikberatkan pada kemampuan khusus, administrasi bisnis luas cakupannya. Dengan demikian, lulusan dari jurusan ini pun mempunyai prospek kerja administrasi bisnis yang banyak dan beragam pula.

Gelar administrasi bisnis bisa didapat dari berbagai jenjang. Dari diploma satu sampai sarjana terapan maupun akademik, administrasi bisnis ada. Karena biasanya jurusan ini lebih fokus pada praktik, maka pekerjaan yang sesuai pun berhubungan dengan pengerjaan di lapangan yang dikuasai. Berikut beberapa lowongan kerja jurusan administrasi bisnis.

1. Konsultan Bisnis

Yap, karena seringnya berkecimpung dengan urusan bisnis maka lulusannya pun tidak diragukan lagi bisa bekerja sebagai konsultan. Sekarang ini ketika banyak perusahaan berlomba-lomba membenahi internalnya tapi tak mempunyai staf yang mumpuni, jasa konsultasi sangatlah diperlukan.

Dengan bekerja sebagai konsultan, dua pilihan bisa disesuaikan menurut kebutuhan. Lebih enak sebagai tenaga kerja konsultasi tetap atau lepas. Jika menginginkan yang pasti dan terarah, pilih lah kontrak dengan perusahaan yang menyewa jasa ini. Dengan bekerja lepas, kondisi dan gaji tidak bisa diperkirakan. Namun, bisa saja meledak melebihi pegawai tetap.

2. Wirausahawan

Dengan mengenal lika-liku bisnis, tentu lulusan dari jurusan ini tak asing dengan bagaimana bisnis bekerja. Sekiranya ingin mencoba hal baru dan menantang diri dengan bekerja sebagai pebisnis mandiri, jalan menuju entrepreneur terbuka lebar.

Namun, karena sudah kenal dengan medan, jangan ceroboh dalam melangkah. Rencanakan modal dan arah usaha yang akan didirikan. Wirausahawan dicapai dengan banyak hal, bukan kenekatan saja.

3. Staf Administrasi

Administrasi bisnis. Dari nama dan berbagai mata kuliah yang dipelajari pun sudah terpampang jelas. Dalam mengurusi administrasi, para lulusan ini tentu sudah cakap dan terampil. Ketika baru lulus dan bingung mencari pekerjaan, staf administrasi pilihan pertama yang harus dicoba.

Kenapa? Karena memang bidangnya sesuai dan tentu semua orang harus belajar dari bawah dulu. Melamar menjadi staf administrasi bisnis juga mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk diterima dibandingkan dengan posisi lainnya.

4. Bagian Pemasaran

Sebagai jurusan yang tak hanya administrasi saja, tak ada salahnya juga bekerja sebagai bagian pemasaran. Ketika di bangku sekolah pun tentunya didik untuk bisa memasarkan dan menganalisis produk untuk konsumen.

Keahlian ini bisa saja sesuai jika tidak terlalu senang dengan huruf dan angka yang harus dikerjakan sebagai staf administrasi. Juga tidak salah karena linier dengan jurusan administrasi bisnis yang digeluti di perguruan tinggi dulu.

5. Manajemen atau Staf HRD

Gaji lulusan administrasi bisnis yang satu ini memang lebih tinggi daripada yang lainnya. Karena memang beban yang ditanggung dan cakupan area yang luas memberikan rentang Rp. 3 juta sampai belasan atau bahkan puluhan juta.

Tapi jika sekiranya mempertimbangkan untuk bagian ini ada bagusnya belajar dari dasar dulu. Pasalnya, mengatur benda ataupun bawahan tidak semudah kedengarannya. Untuk itu, manajemen maupun staf HRD harus mempunyai pengalaman yang mencukupi sebelumnya.

6. Pengajar

Tak ada salahnya tidak menggeluti bidang bisnis. Ketika lulus atau pun sudah capai dengan dunia perdagangan dan ingin mengajar orang lain, pelajari dulu bahan ajar yang diperlukan dalam pendidikan. Pengajar jurusan ini sebenarnya terbatas pada dosen dan sekolah menengah kejuruan saja. Namun, karena masih sepi dan permintaan membludak, kesempatan pun terbuka.

Baca juga : Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

Beberapa prospek kerja administrasi bisnis di atas memang terdengar pas dengan apa yang dipelajari. Ingat lah bahwa apapun pekerjaannya, sesuaikan dengan kemampuan dan sejauh mana akan tahan. Harus semangat mencari dan menjalani pekerjaan yang ada!