- 22 November 2019

4 Pertanyaan Interview dan Jawabannya yang Sering Ditanyakan

2 Likes comments off
pertanyaan interview

Interview kerja bukanlah hal yang mudah dilewati, apalagi bagi fresh graduate yang baru pertama kali mengalaminya. Berbagai hal seperti persiapan serta pertanyaan interview dan jawabannya, pasti yang paling sering dicari.

Untuk itu agar membantu rekan pencaker untuk mempersiapkan interview kerjanya, sudah ada berbagai pertanyaan yang disiapkan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan yang paling sering ditanyakan setiap kali interview kerja.  Silakan disimak ya semua pertanyaan yang sudah dilengkapi jawabannya di bawah ini :

Daftar Pertanyaan Interview Beserta Jawabannya

Kebanyakan, pertanyaan yang keluar saat sesi interview adalah yang berhubungan dengan kepribadian. Hal ini bertujuan agar perusahaan bukan hanya mengetahui skill tapi bagaimana kepribadian dan cara kerja calon karyawan kedepannya. Untuk itu setiap jawaban harus dijawab sebaik mungkin, seperti pada daftar di bawah ini :

1. Kenapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Ini ?

Pertanyaan interview kerja pertama kali yang dilontarkan biasanya “Kenapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?”. Sebuah pertanyaan yang sebenarnya tidak sulit, bahkan pihak perusahaan sepertinya mengetahui jawaban yang sebenarnya. Tentunya tidak jauh dari alasan gaji, karena butuh pekerjaan atau dekat dengan tempat tinggal.

Akan tetapi, jangan sekali-kali menjawab dengan alasan seperti di atas. Pihak perusahaan memang tahu alasan sebenarnya, tapi bukan itu yang mereka inginkan. Perusahaan ingin tahu seberapa besar semangat para rekan pencaker untuk bekerja di sana. Jadi sebaiknya berikan jawaban yang positif seputar perusahaan, bayangkan kontribusi apa yang bisa diberikan.

2. Apa Kelebihan yang Anda Miliki Sehingga Patut Kami Pertimbangkan?

Pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate pada tipe pertanyaan seperti ini sangat dibutuhkan. Itu karena pertanyaan seperti di atas susah-susah gampang, rekan pencaker tidak boleh terlihat sombong dan terlalu membanggakan diri sendiri. Tetapi, disisi lain harus tetap bisa percaya diri dan tenang menjelaskan kelebihan serta keahlian yang dimiliki.  

Contohnya : “ Alasan tersebutlah yang membuat saya memilih bidang profesional ini. Semenjak di bangku sekolah saya telah mencari tahu apa yang bisa saya lakukan untuk bisa mencapai cita-cita saya. Saya juga memiliki sertifikat penunjang tambahan yang membuat saya lebih memahami bidang pekerjaan ini”.

3. Bagaimana Diri Anda Dalam 5 Tahun Kedepan ?

Pertanyaan satu ini adalah pertanyaan yang harus ditanyakan saat interview. Entah itu pertanyaan interview user dan jawabannya, atau pertanyaan wawancara organisasi. Pertanyaan ini penting untuk menilai tujuan hidup rekan pencaker dan apakah berniat di perusahaan dalam jangka panjang.

Berikan jawaban yang menyatakan bahwa rekan pencaker bukan menjadikan perusahaan hanya sebagai batu loncatan. Tunjukan keinginan seperti jenjang karir yang ingin dicapai 5 tahun mendatang pada perusahaan tersebut.

4. Berapa Gaji yang Diharapkan ?

Lagi-lagi perusahaan sudah tahu jawaban pelamar, karena semuanya pasti menginginkan gaji yang besar dan sesuai UMR. Akan tetapi lebih baik jika mengarahkan  jawaban interview motivasi kerja dari pada mengarah ke besaran gaji.

Tunjukan motivasi kerja yang besar  dan bahwa rekan pencaker akan bekerja dengan sebaik-baiknya. Tetapi, jangan lupa pula untuk menyatakan bahwa pencaker akan senang jika menerima  gaji sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.

Baca : Cara Ampuh Mengatasi Gugup Saat Wawancara

Sepertinya pertanyaan interview dan jawabannya di atas sudah yang paling sering ditanyakan. Mulai dari kelebihan hingga gaji yang diharapkan sudah diberi panduan untuk menjawabnya. Kini Tinggal para rekan pencaker jangan cepat menyerah dan bersemangat untuk mencoba meskipun belum pasti mendapatkan posisi yang diinginkan.