- 22 November 2019

5 Persiapan Sebelum Interview Kerja yang Harus Dilakukan

1 Like comments off
persiapan sebelum wawancara

Bagi para rekan pencaker, interview kerja pasti  bukan hal yang mudah. Seringkali perasaan gugup atau takut datang melanda, terutama bagi yang belum pernah melewati interview sebelumnya. Akan tetapi, hal ini wajar-wajar saja dan dengan persiapan sebelum interview kerja yang matang semuanya bisa berjalan lancar.

Persiapan interview kerja yang harus dilakukan tentunya bukan hanya sebatas mengenai posisi yang dilamar. Rekan pencaker harus melakukan persiapan lebih matang supaya bisa meninggalkan kesan yang baik dan meyakinkan pihak perusahaan.  Nah, persiapan matang apa saja perlu dilakukan, semuanya ada di bawah ini.

5 Macam Persiapan Matang Sebelum Interview Kerja

Persiapan-persiapan kerja yang ada di bawah adalah persiapan penting yang harus dilakukan sebelum interview. Berbagai persiapan yang sekiranya perlu dilakukan, semuanya sudah dicantumkan sehingga rekan pencaker bisa melakukan persiapan yang matang.  Berikut 5 persiapan yang perlu dilakukan oleh para rekan pencaker sebelum melakukan interview :

1. Bawa Semua Berkas Penting

Saat melamar pekerjaan, semua berkas yang dibutuhkan memang telah dikirim pada perusahaan. Akan tetapi tidak jarang ada kesalahan kecil seperti berkas yang kurang lengkap begitu sampai pada tangan HRD yang akan mewawancara. Dengan membawa semua berkas yang penting, masalah kecil seperti ini tidak akan menjadi penghalang.

2. Persiapkan Pakaian yang Ditentukan

Mempersiapkan pakaian yang ditentukan untuk dipakai saat wawancara adalah hal yang sangat penting. Disini kesan pertama akan terbentuk, jadi pastikan pakaian sesuai aturan, rapi dan tidak berlebihan.

3. Mengetahui Betul Tentang Pekerjaan yang Dilamar

Pertanyaan satu ini paling sering ditanyakan saat sesi pertanyaan interview kerja fresh graduate. Tentu saja yang ditanyakan bukan hanya teori secara umumnya, tapi gambaran lengkap bagaimana posisi itu di perusahaan yang dilamar.

Hal ini untuk memastikan agar fresh graduate memang benar-benar siap untuk bekerja dan terjun langsung ke lapangan. Untuk mengetahui hal ini, rekan Pencaker sekalian bisa melihat profil perusahaan serta review mengenai posisi tersebut. Umumnya jika perusahaan yang dilamar merupakan perusahaan besar pasti banyak cerita mengenai posisi yang diinginkan.

Apa bila saat mencari tahu tidak menemukan apapun, masih ada jalan lain. Saat ini ada begitu banyak forum-forum diskusi seputar lapangan pekerjaan dan profesi tertentu. Rekan pencaker bisa menanyakannya pada laman tersebut, usahakan kirim pertanyaan jauh-jauh hari agar jawaban yang didapat lebih beragam.

4. Mengetahui Seluk Beluk Perusahaan

Jika ingin mengetahui rahasia seputar “Pertanyaan apa yang selalu ditanyakan dalam wawancara kerja?”. Jawabannya mudah, visi, misi dan tujuan yang dimiliki perusahaan pasti ditanyakan. Lalu barulah masuk ke topik yang lebih dalam seperti apa saja yang dikerjakan oleh perusahaan.

Meskipun hal ini diluar dari posisi yang dilamar, namun pengetahuan akan perusahaan sangat penting. Lakukan riset mendalam secara lengkap dan pahami semuanya dengan baik.

5. Datang Tepat Waktu, dan Tetap Tenang

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah datang tepat waktu dan tetap tenang. Dalam dunia kerja, waktu adalah segalanya sehingga keterlambatan harus dihindari. Jika letak perusahaan cukup jauh dan macet, tidak ada salahnya berangkat beberapa jam lebih awal.

Baca : Cara Mengatasi Gugup Saat Wawancara Kerja

Lalu usahakan tetap tenang saat menjawab pertanyaan interview yang diajukan. Tidak perlu gugup, jawablah dengan tenang dan percaya diri sambil menatap lawan bicara.  

Semua persiapan di atas dari pakaian, mengetahui seluk beluk perusahaan hingga tentang bersikap adalah hal yang perlu disiapkan. Dengan melakukannya, rekan pencaker sekalian bisa lebih percaya diri karena persiapan sebelum interview sudah matang. Terlepas dari hasil akhir , rekan pencaker harus selalu semangat karena hasil tidak akan pernah menghianati usaha.