- 19 November 2019

Kumpulan Tips Melamar Pekerjaan yang Membuat HRD Terkesan

Like comments off
Tips Melamar Pekerjaan

Bekerja di perusahaan ternama dengan gaji yang menjanjikan adalah impian banyak orang. Namun seringkali impian itu hanya menjadi angan karena tak kunjung mendapatkan panggilan dari HRD. Jika Rekan Pencaker merasakan hal serupa, inilah beberapa tips melamar pekerjaan yang bisa dijadikan pertimbangan.

Ketahui Karakteristik Perusahaan yang Dituju

Langkah pertama yang Rekan Pencaker lakukan setelah melihat lowongan kerja adalah melakukan riset kecil terkait perusahaan yang akan dituju. Hal ini merupakan cara melamar pekerjaan di PT yang jitu dan aplikatif.

Ada baiknya mencari tahu karakteristik dan cara kerja perusahaan tersebut. Minimal Rekan Pencaker tahu bagaimana model bisnis, target perusahan, dan juga kontribusi apa yang akan Rekan Pencaker berikan kepada perusahaan. Dengan demikian, HRD akan terkesan dengan pengetahuan Rekan Pencaker.

Siapkan Portfolio yang Meyakinkan

Untuk mengambil hati HRD, siapkan portfolio yang meyakinkan. Sebagai contohnya ketika melamar di sebuah biro arsitek, siapkan gambar bangunan yang menarik dengan rendering yang halus. Pastikan juga menggunakan istilah-istilah teknis sesuai bidang yang akan dilamar.

Contoh lainnya ketika Rekan Pencaker ingin melamar di posisi Product Manager, sertakan scrum atau agile dalam cover letter. Hal tersebut dapat membuat HRD terkesan dan dapat didiskusikan lagi ketika wawancara kerja.

CV dengan Foto dan Desain yang Profesional

Ketika Rekan Pencaker mengajukan lamaran, biasanya perusahaan akan meminta menyertakan CV. Gunakan CV dengan foto dan desain yang profesional. Karena menurut pengalaman melamar kerja, hal tersebut bisa menjadi nilai tambah di mata HRD.

Baca : Contoh CV PDF Desain Profesional

Gunakan foto dengan pakaian formal, misal mengenakan kemeja dengan jas atau blazer. Hindari melakukan editing foto yang berlebihan demi membuat wajah terlihat cantik atau tampan di pas foto. hal tersebut bisa membuat HRD mengurungkan niatnya untuk merekrut Rekan Pencaker karena dinilai kurang jujur terhadap diri sendiri.

Kirimkan Lamaran dengan Etika yang Santun

Dewasa ini sudah terdapat beragam cara mengirimkan lamaran kerja, ada cara melamar kerja online dan ada juga offline dengan datang langsung ke lokasi perusahaan. Keduanya harus dilakukan dengan etika yang santun.

Banyak terjadi kasus pelamar yang tidak mengisi subject dan tanpa body email, hanya mengirimkan CV saja. Tentunya hal tersebut kurang sopan dan akan membuat HRD malas untuk melanjutkan wawancara. Dan satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah ketepatan waktu, yaitu melakukan di jam dan hari kerja.

Lakukan Konfirmasi terhadap Undangan Wawancara dari HRD

Setelah proses melamar yang panjang, akhirnya Rekan Pencaker mendapatkan panggilan untuk wawancara. Jangan sampai usaha yang selama ini dilakukan harus berantakan karena wawancara yang tidak sesuai ekspektasi.

Pertama yang harus Rekan Pencaker lakukan adalah konfirmasi kehadiran untuk wawancara. Terlepas bisa hadir atau tidak, berilah balasan dari email atau SMS yang dikirimkan HRD. Jika tidak bisa hadir pada jam yang telah diajukan HRD, mintalah reschedule secara sopan dan tanpa memaksa.

Memahami karakteristik perusahaan, membuat portofolio yang meyakinkan, desain CV dan foto yang profesional, mengirim lamaran dengan santun, dan melakukan konfirmasi undangan wawancara adalah beberapa tips yang bisa Rekan Pencaker terapkan untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Tidak bisa dipungkiri memang banyak halangan untuk mencapai mimpi. Namun jika Rekan Pencaker tidak memulainya sekarang, mau kapan lagi? Semua orang punya zonanya masing-masing, begitupun untuk Rekan Pencaker yang sedang semangat berjuang. Jangan lengah, jangan bosan.Bagaimana? Apakah Rekan Pencaker sudah siap mempraktekkan tips melamar pekerjaan di atas? Tentunya sudah kan? Semoga berhasil mendapatkan pekerjaan impian!