- 15 November 2019

Contoh CV Bahasa Inggris Yang Baik dan Menarik Berikut Cara Membuatnya

2 Likes comments off

Ketika kita memulai sesuatu atau bertemu dengan seseorang, kesan pertama yang kita tampilkan sangat penting, karena itu membentuk persepsi orang tentang diri kita. Sama halnya dengan ketika kita menulis sebuah CV untuk melamar sebuah pekerjaan, terutama CV berbahasa Inggris. Diperlukan trik tertentu agar rekan pencaker bisa membuat CV yang berkualitas dan menarik. Dalam bahasan ini kita akan belajar mengenai langkah-langkah membuat sebuah CV berikut contoh CV Bahasa Inggris yang baik.

Dewasa ini CV berbahasa Inggris sepertinya sudah menjadi kebutuhan utama dari para rekan pencaker. Namun, sebelum mencoba untuk membuatnya, ada baiknya rekan pencaker belajar tentang berbagai info penting di dalam CV tersebut. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat membuat contoh CV Bahasa Inggris menarik untuk hasil terbaik.

Informasi Wajib Dalam CV

Berikut informasi penting yang wajib disertakan dalam sebuah Curriculum Vitae:

  • Data Pribadi

Data pribadi sangat penting karena melalui data ini perusahaan dapat menghubungi kit ajika kita dinyatakan lolos seleksi. Yang perlu rekan pencaker sebutkan di bagian ini adalah nama lengkap, alamat email yang masih aktif, nomor telepon atau HP serta alamat yang lengkap dan jelas.

  • Personal Statement (Gambar Diri)

Hal ini penting karena menunjukkan siapa diri kita, kemampuan dans semua keahlian yang kita tawarkan serta apa yang kita cari

  • Riwayat Pekerjaan

Tuliskan semua pekerjaan yang pernah rekan pencaker jalani, lengkap dengan informasi tahun dan bulan masuk atau keluar dari pekerjaan tersebut. Bagi yang mau menulis contoh CV Bahasa Inggris fresh graduate, bisa menyertakan pelatihan maupun kursus yang pernah dijalani.

  • Pencapaian (Achievements)

Bagi rekan pencaker yang pernah memiliki pencapaian tertentu, terutama yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar wajib menyertakan ini.

  • Riwayat Pendidikan.

Informasi penting yang wajib dicantumkan dalam sebuah CV mulai dari pendidikan terendah hingga tertinggi. Jangan lupa menuliskan tahun masuk dan tahun lulus dari masing-masing jenjang pendidikan tersebut.

  • Minat dan Kegemaran

Bagian ini tidak wajib untuk dicantumkan, namun jika mendukung dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar, sebaiknya dicantumkan saja.

Langkah-Langkah Membuat CV Bahasa Inggris

1. Pilih format untuk CV

Untuk yang satu ini semua tergantung selera dari rekan pencaker. Sekarang banyak tersedia Template CV Bahasa inggris yang dapat dengan mudah diunduh, baik yang gratis maupun berbayar. Pilih template dari www.canva.com yang dirasa paling sesuai dan mewakili pribadi rekan pencaker. Contoh:

template yg dipake
Contoh template2

2. Tulis Data Pribadi di Bagian Atas CV

Data pribadi yang perlu ditulis adalah nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email yang masih aktif. Pastikan bahwa nama rekan pencaker dibuat dengan ukuran huruf yang lebih besar dari informasi lainnya.

Tulis data pribadi di bagian atas cv

3. Tulis Profil Pribadi

Bagian ini tidak wajib untuk rekan pencaker masukkan dalam CV. Hanya saja informasi yang ada dapat menjadi nilai tambah bagi rekan pencaker. Kita dapat ‘menjual’ keahlian, kepribadian serta pengalaman kita secara lugas dan singkat.

Tulis profil pribadi

4. Buat Daftar Riwayat Pendidikan

Pastikan bahwa rekan pencaker menuliskannya dari tingkat pendidikan tertinggi ke terendah. Pastikan untuk menulis jurusan yang dipelajari di pendidikan tinggi semacam universitas dan akademi. Tuliskan juga tanggal masuk dan lulus dari masing-masing jenjang pendidikan.

Buat daftar riwayat pendidikan

5. Buat Daftar Riwayat Pekerjaan

Informasi yang perlu disebutkan antara lain: nama perusahaan tempat bekerja, alamat kantor, lama bekerja serta tugas atau job description dari rekan pencaker.

Buat daftar riwayat pekerjaan

6. Buat Kemampuan dan Pencapaian

Di bagian ini, rekan pencaker harus menuliskan tentaang apa saja yang pernah dicapai dalam pekerjaan seelumnya. Tuiskan juga kemampuan tambahan dan keahlian yang didapat selama bekerja sebelumnya. Rekan pencaker dapat menambahkan buku atau jurnal yang pernah diterbitkan.

Buat kemampuan dan pencapaian

7. Tuliskan Minat dan Kegemaran

Pastikan bahwa rekan pencaker hanya menuliskan kegemaran dan minat yang sesuai dan relevan dengan pekerjaan yang ditawarkan.

Tuliskan minat dan hobi di CV

8. Buat Bagian Untuk Informasi Lain

Bagian ini tidak wajib disertakan dalam sebuah CV. Jika rekan pencaker mandapati bahwa CV yang dibuat masih ada ruang kosong, dapat diisi dengan informasi ini. Contoh yang dapat ditulis misalnya keluar dari pekerjaan untuk merawat anak-anak, bergabung dengan wajib militer, dan lainnya.

Bagian lain di CV

9. Buat Bagian Referensi

Bagian ini berisi orang-orang yang bekerjasama dengan rekan pencaker sebelumnya dah mengenal hasil karya rekan pencaker.

Tulis referensi di CV

Pada dasarnya CV di atas sudah jadi dan dapat digolongkan dalam contoh CV Bahasa inggris menarik. Namun, ada baiknya rekan pencaker mengecek lagi CV tersebut dengan memperhatikan hal-hal berikut:

1. Cek Ejaan dan Tata Bahasanya

Pastikan CV rekan pencaker tidak ada salah tulis, salah ejaan maupun salah dalam segi tata Bahasa.

2. Cek Penulisan

CV yang baik adalah yang ditulis dengan ringkas dan padat.

Baca : Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

3. Baca Seolah-olah Perusahaan atau Pewawancara

Hal ini dapat membantu rekan pencaker memastikan apakah CV sudah cukup bagus, informasi lengkap dan ditulis ringkas serta terlihat professional.

4. Minta Orang Lain Membacanya

Untuk melihat dari sudut pandang orang lain agar mendapat masukan untuk contoh CV Bahasa Inggris menarikSemoga informasi mengenai contoh CV Bahasa Inggris di atas dapat membnatu rekan pencaker membuat CV terbaik. Tetap semangat dan jangan putus asa dalam emncari pekerjaan idaman. Good luck!