- 9 Oktober 2019

Ikuti Langkah Tepat Serta Tips Dari Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Efektif

1 Like comments off

Bagaimana sih Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang tepat, efektif dan tentunya menarik pihak penerima kerja? Banyak orang yang memiliki anggapan bahwa tampilan dari surat lamaran kerja bukanlah hal penting yang harus diperhatikan. Karena hal yang terpenting justru terdapat di dalamnya, yaitu isi dari surat lamaran itu sendiri. Padahal pihak perusahaan yang mencari para pekerja justru akan melihat dari tampilan surat yang diterimanya terlebih dahulu sebelum kemudian memutuskan untuk membaca dan memahami isi di bagian dalamnya. Karena itulah penting bagi  Rekan Pencaker Untuk membuat surat lamaran terbaik agar dapat diterima kerja dengan lebih mudah.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Jika Rekan Pencaker tidak tahu bagaimana Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan tepat, maka pastikanlah untuk memperhatikan beberapa penjelasan singkat yang akan penulis uraikan berikut ini:

Langkah tepat menulis surat lamaran kerja

  1. Tulis tempat serta tanggal pembuatan surat
  2. Tulis pihak yang dituju dengan tepat, dalam hal ini seperti “Kepada Yth.” Kemudian isikan bagian lanjutannya dengan mencantumkan nama orang atau pihak yang dituju dengan gelar serta jabatan yang dimilikinya. Namun jika tidak ada orang yang dituju dengan jelas, maka Rekan Pencaker dapat memasukkan nama perusahaan serta alamat lengkap dari perusahaan tersebut dengan jelas.
  3. Salam hormat
  4. Pembukaan atau kata pengantar, untuk bagian yang satu ini, pastikanlah Rekan Pencaker memasukkan informasi mengenai dari mana lowongan pekerjaan yang hendak dilamar tersebut Rekan Pencaker dapatkan. Seperti halnya informasi dari internet, teman, atau bahkan informasi dari surat kabar. Selain itu, pastikan pula untuk menyebutkan dengan jelas terkait posisi jabatan yang dituju pada perusahaan tersebut. Karena tidak jarang di antaranya lowongan pekerjaan yang disediakan cukup beragam dan memiliki posisi yang berbeda antara satu dengan lainnya.
  5. Biodata diri, dalam penulisan data diri ini pastikan Rekan Pencaker memasukkan informasi dengan lengkap, seperti halnya nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telepon atau handphone, email serta informasi pendidikan yang Rekan Pencaker miliki. Namun dalam penulisan latar belakang pendidikan, pastikan untuk menuliskan latar belakang pendidikan tertinggi saja.
  6. Pengalaman kerja serta kemampuan yang Rekan Pencaker, hal ini berkaitan dengan pengalaman yang pernah Rekan Pencaker dapatkan sebelumnya. Dengan kata lain jika Rekan Pencaker pernah bekerja di tempat lain sebelumnya, maka wajib untuk mengisi pengalaman tersebut pada surat lamaran yang ditulis, Namun jika saat ini adalah tahun pertama Rekan Pencaker melakukan pencarian pekerjaan, maka pastikan pula untuk memberikan informasi tersebut sebagai fresh graduate. Selain itu jelaskan pula kemampuan yang Rekan Pencaker miliki dan tentunya menunjang untuk posisi yang diinginkan.  
  7. Penutup, untuk bagian ini pastikan Rekan Pencaker menyatakan keinginan yang serius agar dapat diterima pada perusahaan tersebut. Selain itu, pastikan pula untuk menyatakan ucapan Terimakasih.
  8. Lampiran, Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan lebih efektif lainnya tentu saja dapat dilakukan dengan menyertakan lampiran yang lengkap dan menunjang pihak pemberi kerja dalam melakukan penilaian dengan lebih mudah. Beberapa bentuk lampiran yang dibutuhkan di antaranya adalah :
    • Pas foto
    • Fotokopi KTP
    • Daftar riwayat hidup
    • Fotokopi ijazah beserta transkrip
    • Fotokopi sertifikat (pelatihan ataupun kursus yang berkaitan dengan kemampuan yang Rekan Pencaker miliki)
  9. Hormat saya, untuk bagian ini umumnya diisi dengan tanda tangan serta nama lengkap yang Rekan Pencaker miliki selaku pihak pencari kerja.

Tips membuat surat lamaran kerja

Selain beberapa langkah tepat dalam pembuatan surat lamaran di bagian atas tadi, pastikan pula untuk mengikuti beberapa tips tepat dalam Cara Membuat Surat Lamaran Kerja berikut ini :

Perhatikan persyaratan yang dibutuhkan

Banyak orang yang tidak peduli dengan syarat yang dibutuhkan ketika tengah melakukan pencarian pekerjaan. Padahal dengan memperhatikan persyaratan tersebut, tentunya Rekan Pencaker dapat mengetahui batas kemampuan yang dimiliki, sehingga Rekan Pencaker tidak akan melakukan kesalahan dalam memilih posisi ataupun jabatan pekerjaan dengan salah. Hal ini juga membantu pihak perusahaan untuk menempatkan Rekan Pencaker pada posisi yang lebih tepat.

Penulisan surat lamaran kerja

Dalam penulisan surat lamaran kerja, pastikan Rekan Pencaker menulis dengan menggunakan bahasa yang tepat, yaitu bahasa baku dari bahasa Indonesia, sehingga Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dapat menghasilkan berupa surat lamaran yang lebih efektif dan enak untuk dibaca.

Gunakan kata-kata yang mudah untuk dipahami.

Untuk menjadikan surat lamaran yang Rekan Pencaker menjadi lebih efektif dari jenis surat lainnya, maka pastikanlah untuk membuatnya dengan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami, jelas, singkat, padat dan tentunya jelas.

Tujuan yang tepat

Ketika menulis surat lamaran pekerjaan pastikan pula untuk menulis tujuan dengan jelas dan tepat. Dalam hal ini, pastikan Rekan Pencaker menulis nama, gelar, jabatan, nama perusahaan sehingga alamat yang dituju dengan tepat dan tanpa kesalahan sedikit pun. Karena satu kesalahan sedikit saja, dapat membuat surat lamaran yang Rekan Pencaker tulis menjadi sampah yang tentunya tidak diterima oleh pihak perusahaan.

Gunakan kertas yang bersih dan rapi

Selain beberapa tips di bagian atas tadi, pastikan pula untuk menggunakan jenis kertas yang bersih dan rapi. Karena baik itu jenis surat lamaran yang dibuat dengan cara diketik atau pun ditulis tangan tentunya akan lebih dihargai apabila dibuat dalam kertas bersih dan rapi.

Tata penulisan yang tepat

Sementara itu, dari segi penulisan pun harus Rekan Pencaker lakukan pengecekan secara berulang. Dengan kata lain, pastikan Rekan Pencaker membuat surat lamaran terbaik tanpa kesalahan, baik itu kesalahan dari penggunaan bahasa yang tepat, tata penulisan seperti penggunaan tanda baca atau pun pengulangan kata. Karena pada umumnya Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang baik akan terhindar dari berbagai macam kesalahan dalam tata penulisan, baik itu typo atau pun kesalahan penggunaan tanda baca dan lainnya.

Pastikan agar tulisan terbaca

Tips lainnya yang tidak boleh Rekan Pencaker lewatkan itu berkaitan dengan surat lamaran kerja yang dibuat dengan tulisan tangan. Dalam hal ini jika Rekan Pencaker membuat surat lamaran dengan tulisan tangan, maka pastikanlah bahwa surat lamaran yang dibuat itu dapat terbaca dengan jelas.

Pembuatan surat lamaran kerja unik

Untuk beberapa kategori lowongan kerja yang berkaitan dengan dunia seni, seperti desain dan lainnya. Ada baiknya jika Rekan Pencaker menggunakan format surat lamaran kerja yang berbeda. Dalam hal ini Rekan Pencaker dapat membuat surat lamaran unik dengan format yang tidak biasanya. Selain membuat pihak perusahaan merasa tertarik dengan surat lamaran yang diajukan, Cara Membuat Surat Lamaran Kerja ini tentunya lebih sesuai dengan lowongan ataupun jabatan yang dituju oleh Rekan Pencakerdi bidang seni itu sendiri.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat terkait beberapa langkah tepat dalam Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan beberapa tips yang dapat memandu Rekan Pencaker untuk membuatnya dengan lebih mudah.