- 4 Oktober 2019

Cara Melamar Kerja Lewat Email yang Baik dan Benar

2 Likes 5 Comments

Kini untuk melamar pekerjaan tidak perlu repot datang langsung ke perusahaan yang dituju. Di era perkembangan teknologi, sudah banyak perusahaan yang memberikan kemudahan yaitu melamar lewat email. Tentu cara melamar kerja lewat email berbeda dengan cara yang umum dilakukan.

Ada beberapa point penting dan hal yang harus diperhatikan jika anda ingin melamar kerja lewat email ini. Bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu maka cara ini sangat cocok sekali. Anda cukup melamar pekerjaan dari rumah dan bisa melamar kapanpun anda mau. Agar lamaran anda bisa diterima maka simak cara melamar kerja lewat email berikut ini:

cara melamar kerja lewat email

1. Siapkan Dokumen Persyaratan

Meskipun anda melamar pekerjaan melalui email namun tetap harus menyertakan beberapa dokumen penting sebagai persyaratan untuk diterima kerja di perusahaan yang dituju. Dokumen persyaratan tersebut diantaranya KTP, CV, pas foto, ijazah dan lainnya.

Semua persyaratan yang sudah ada anda scan terlebih dahulu. Pastikan semua dokumen yang anda scan untuk dikirimkan ke alamat email perusahaan yang dituju asli. Jangan melakukan kecurangan dengan melakukan pengeditan dengan memberikan data yang palsu.

Untuk format dokumennya sesuaikan dengan permintaan perusahaan. Biasanya perusahaan memberikan format dengan bentuk (.pdf), (.doc), (*.png) atau jenis format lainnya. Jika tidak ada persyaratan khusus maka anda bisa gunakan salah satu dari format yang tadi disampaikan.

Dalam dokumen ini biasanya terdapat CV atau Curriculum Vitae. Supaya nanti lamaran anda diterima maka buatlah CV yang menarik sehingga perusahaan tidak malas untuk membaca dan CV anda memberikan kesan baik kepada anda.

Isikan CV dengan lengkap apalagi kalau anda memiliki keahlian khusus atau sertifikat pelatihan maka sebaiknya disertakan pula. Untuk jenis huruf atau font yang dipilih gunakan saja Arial, Times New Roman atau jenis font lainnya yang penting formal dan mudah dibaca.

2. Siapkan Alamat Email yang Profesional

Namanya saja melamar kerja lewat email maka anda perlu menyiapkan emailnya terlebih dahulu. Kalau belum punya maka bisa membuatnya bisa menggunakan surel Yahoo atau Gmail.

Dalam membuat email untuk melamar kerja, ada hal yang perlu anda perhatikan. Pastikan anda menggunakan nama yang asli. Jangan gunakan nama alay, nama panggilan atau nama samara. Contoh jika nama anda Sandra Dewi maka buatlah email [email protected] atau [email protected]

Dengan menggunakan nama yang asli seperti yang sudah dicontohkan diatas. Alamat email anda akan terlihat profesional. Jika anda menggunakan email [email protected], maka menunjukkan ketidakprofesionalan anda dalam melamar pekerjaan. Efeknya surat lamaran kerja anda bisa jadi tidak dibaca atau bahkan langsung ditolak.

3. Ikuti Standar Pengiriman Email

Ketika anda ingin melamar pekerjaan tentu citra baik yang akan anda berikan kepada perusahaan. Citra baik tersebut bisa didapatkan dengan mengikuti standar pengiriman email. Terutama masalah waktu yang tepat mengirim email. Pastikan anda mengirim email waktu jam kerja.

Jangan sampai anda mengirim email jam 12 malam karena ini bisa mengganggu waktu kerja orang dan memberikan ketidaksopanan. Selain masalah waktu anda harus mengisi body email, subjek dan lampiran dengan baik dan benar.

Poin ini sangat penting jika anda bermaksud mengirim lamaran melalui email. Anda harus mengikuti standar yang baik dan benar serta profesional dalam proses pengiriman email. Terutama saat anda ingin mengisi subjek, body email, dan lampiran, pastikan semuanya sudah sesuai ketentuan yang berlaku.

4. Mengirim Lamaran Kerja

Langkah terakhir cara melamar kerja lewat email yang terbaik adalah mengirim lamaran kerja dengan memastikan terlebih dahulu beberapa hal penting sebelum mengirimnya. Tentu anda ingin segera diterima di perusahaan yang dituju maka pastikan hal berikut sebelum mengirim lamaran:

a. Isikan Alamat Email Perusahaan dengan Benar

Pertama yang harus anda pastikan adalah alamat email dari perusahaan yang dituju sudah benar. Kenapa anda harus memastikannya? Alasannya jika alamat email anda salah maka lamaran kerja anda tidak akan pernah sampai kepada perusahaan.

b. Isi Subjek/Judul Email dengan Benar

Pengisian subjek dan Judul ada aturannya. Kalau anda ingin lamaran kerja segera diterima dan dibaca maka perhatikan cara melamar kerja lewat email dengan memastikan subjek dan judul email sudah benar.

Untuk subjek maka bisa anda isi: Posisi pekerjaan – Nama Anda
Contoh : Lamaran Editor – Sandra Dewi

c. Isi Body/Badan Email

Untuk body email ini langsung saja to the point tidak perlu bertele-tele. Tuliskan untuk paragraf awal salam pembuka kemudian perkenalkan diri anda. Jika sudah sampaikan anda dapat informasi loker ini dari mana kemudian sampaikan posisi yang ingin anda ajukan. Sampaikan saja secara singkat dan jelas agar mudah dibaca.

d. Lampirkan Persyaratan

Kalau sudah mengisi body email baru kemudian lampirkan semua dokumen yang tadi sudah disiapkan. Untuk ukuran file sebaiknya jangan terlalu besar cukup maksimal 2 MB saja. Kalau sudah tinggal diunggah sambil melihat kembali apakah sudah lengkap semua atau belum. Jika sudah lengkap maka langsung saja dikirim.

Demikian cara melamar kerja lewat email yang sangat mudah untuk anda coba. Dengan mengikuti semua cara di atas, sudah dapat dipastikan surat lamaran anda akan mudah dibaca dan diterima.

5 Comments

  1. Saya tertarik saya percaya ketika saya di terima di perusahaan ini saya yakin dan percaya saya bisa lebih mandiri lagi

  2. Saya tertarik saya percaya ketika saya di terima di perusahaan ini saya yakin dan percaya saya bisa lebih mandiri lagi

Comments are closed.