- 17 Januari 2020

6 Prospek Kerja Akuntansi Dengan Gaji Lumayan

5 Likes comments off
Prospek Kerja Lulusan Akuntansi

Kamu mahasiswa jurusan akuntansi? Ada baiknya kamu mengetahui prospek kerja akuntansi. Jadi setelah lulus kuliah kamu bisa lebih mudah memilih pekerjaan.

Menganalisis, mencatat, menyimpulkan, dan melaporkan laporan keuangan memerlukan ketelitian yang tinggi. Pekerjaan yang digeluti akuntan ini tak pernah sepi peminat sejak bisnis mengenal pentingnya catatan keuangan. Banyak prospek kerja akuntansi pun mendorong para lulusan baru maupun pencari kerja lama berkutat mencari bidang ini.

Banyaknya perusahaan besar maupun kecil yang memerlukan jasa akuntan menjadikan akuntansi sebagai pekerjaan yang paling banyak dilamar. Selain sebagai persaingan, ini juga menjadi salah satu keuntungan memilih jurusan akuntansi. Lalu apa saja pekerjaan yang cocok untuk jurusan ini?

1. Akuntan Publik

Sebagai penyedia jasa yang lepas dan tidak terikat kecuali ketika kontrak, menjadi akuntan publik nampaknya populer belakangan ini. Meski kerja tanpa paksaan laporan bulanan, akuntan publik tetap harus mempunyai imej yang baik agar jasanya pun tetap terpercaya. Selain itu, pekerjaan ini memerlukan sertifikasi dan izin khusus agar bisa membuka usaha.

Jasa yang bisa ditawarkan sebagai akuntan publik ada dua, yaitu atestasi dan non-atestasi.

  • Jasa atestasi mencakup audit umum dari laporan keuangan, pemeriksaan pelaporan informasi keuangan proforma, pemeriksaan dari laporan keuangan prospektif, review laporan keuangan, serta jasa lainnya yang berhubungan dengan laporan detail.
  • Jasa non-atestasi mengurusi akuntansi, keuangan, manajemen, kompilasi, perpajakan, dan konsultasi.

2. Akuntan Privat

Jika ingin mencari pekerjaan yang stabil dan sudah jelas dengan gaji dan hirarki serta tugas, menjadi akuntan privat adalah jalannya. Sebagai staf akuntansi di perusahaan maka pekerjaan ini menuntut usaha yang tetap pula. Namun, banyak jaminan didapatkan dari pekerjaan ini. Dan juga biasanya bagian ini menjadi prospek kerja akuntansi D3.

3. Akuntan Pemerintah

Menjadi pegawai pemerintahan tentunya menyangkut data yang diolah oleh lembaga bersangkutan. Dalam pekerjaan ini, tugas yang diemban bukan hanya sebatas untung dan rugi yang didapat, juga mengenai sesuai atau tidaknya dengan aturan yang ditetapkan.

Karena statusnya yang merupakan pegawai pemerintahan, akuntan jenis ini juga mempunyai standar penilaian khusus dalam pengerjaan. Plus lainnya adalah biasanya standar yang ditetapkan dijadikan patokan dalam standarisasi. Jadi selama bekerja di Indonesia, sistem perhitungannya tidak beda jauh satu dengan yang lain.

4. Auditor Internal

Sebagai staf akuntansi ahli, auditor internal bertugas sebagai penilai dan pemberi masukan untuk perusahaan melihat dari laporan keuangan yang ada. Untuk itu, pekerjaan ini biasanya hanya diisi oleh orang-orang yang memang sudah berpengalaman.

5. Konsultan Pajak

Salah satu staf akuntansi yang tak hanya mengurusi laporan keuangan adalah konsultan pajak. Pekerjaan ini hanya mengharuskan menganalisis dan menilai lalu memberi masukan untuk langkah yang harus diambil dalam tindakan wajib pajak. Karena sifatnya yang lepas dan kompleks, konsultan dapat mengantongi belasan juta dalam sekali projek.

6. Pengajar

Jika sebelumnya kuliah jurusan akuntansi atau manajemen, tak ada salahnya kembali mengajari pelajar dalam bidang akuntansi. Karena banyaknya peminat, tentu pelajaran ini juga penting untuk diajarkan. Bahkan, akuntansi sudah wajib dipelajari di sekolah menengah atas maupun kejuruan.

Maka dari itu, sebagai pengajar tidak terbatas pada dosen semata. Melainkan bisa juga menjadi guru akademik atau praktik.

Baca juga : 9 Prospek Kerja Teknik Industri yang Menjanjikan Tahun ini

Enam prospek kerja akuntansi di atas mempunyai variasi tugas, kompleksitas, dan tentunya gaji yang berbeda pula. Sesuaikan dengan kemampuan dan penguasaan lapangan yang cocok karena akuntansi bukan lah pekerjaan yang gampang dikuasai hanya dalam satu atau dua hari. Teruslah belajar dan tetap semangat mencari dan menjalani pekerjaan!